Minggu, 14 Oktober 2012

BAB III

BAB III KERANGKA KONSEP DAN HIPOTESIS A. KERANGKA KONSEP Notoatmodjo (2007) menjelaskan bahwa kerangka konsep penelitian pada dasarnya adalah kerangka hubungan antara konsep-konsep yang ingin diamati atau diukur melalui penelitian yang akan dilakukan. Berdasarkan landasan teoritis yang dikemukakan pada tinjauan pustaka. Peneliti menganggap ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang sangat pesat serta di dukung oleh sifat dasar manusia yang cenderung mempunyai rasa ingin tahu yang tak terbatas, maka dengan melalui proses pendidikan nonformal atau pelatihan sebagai salah satu peluang menambah pengetahuan dengan kata lain rasa ingin tahu tersebut akan terjawab sehingga peneliti membuat kerangka penelitian sebagai berikut : Keterangan : : diteliti : tidak diteliti Dalam penelitian ini kerangka konsep yang diambil adalah bahwa, pendidikan Nonformal merupakan faktor yang bisa mempengaruhi peningkatan pengetahuan perawat tentang BHD. B. HIPOTESIS PENELITIAN 1. HIPOTESIS NOL (HO) Tidak ada pengaruh Pendidikan Nonformal BHD terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan perawat sebelum dan sesudah diberi pelatihan 2. HIPOTESIS ALTERNATIF (HA) Ada pengaruh diberikan Pendidikan Nonformal BHD terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan perawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar